Jokowi Menyatakan Bahwa Pemprov DKI Tidak Melakukan Apapun untuk Membebaskan Lahan Sodetan Ciliwung, Anies Meminta Audit

 

Selasa, 1 Agustus 2023, Anies Baswedan, Ketua Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), berada di pendoponya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Jokowi Menyatakan Bahwa Pemprov DKI Tidak Melakukan Apapun untuk Membebaskan Lahan Sodetan Ciliwung, Anies Meminta Audit


Pemerintah pusat harus melakukan evaluasi dan audit atas proses pembangunan sodetan Kali Ciliwung-Kanal Banjir Timur (KBT), menurut Anies Baswedan, mantan gubernur DKI Jakarta. "Bagi kami yang penting, alhamdulilah sudah selesai dan silakan saja nanti melakukan asesmen, diaudit, nanti bisa kelihatan bulan apa mengerjakan apa selama 8 tahun, 9 tahun, 10 tahun terakhir", kata Anies di pendoponya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (1/8/2023).

Dia mengatakan, "Kan ini bukan sesuatu yang baru. Ini sudah dikerjakan lintas waktu, tetapi buat saya, bersyukur, alhamdulilah sudah selesai."

“Di setiap fase kepemimpinan ada porsi pekerjaan yang diselesaikan, di setiap fase dan semua yang sifatnya pembangunan itu pasti memerlukan waktu,” kata Anies. Namun, dia enggan menjawab ketika ditanya tentang pernyataan Presiden Joko Widodo bahwa pembangunan sodetan Ciliwung tidak dilakukan hanya oleh pemerintahan saat ini.

Jokowi meresmikan proyek sodetan Ciliwung-KBT di Jatinegara, Jakarta Timur pada Senin, 31 Juli 2023. Jokowi menyatakan bahwa sodetan itu dapat menangani banjir di enam kelurahan sekitar. Namun, proyek tersebut tidak cukup untuk menangani banjir di DKI Jakarta. Menurut mantan Wali Kota Solo itu, penanganan banjir di Jakarta masih kurang dari 62 persen karena proyek sodetan Sungai Ciliwung, bendungan Sukamahi dan Ciawi di Bogor, serta normalisasi Sungai Ciliwung. Dia menyatakan bahwa mereka di Jakarta tidak hanya menangani Sungai Ciliwung.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kabasarnas dan Koorsmin Basarnas Ditetapkan Jadi Tersangka oleh Puspom TNI

smk pgri 2 cianjur menerima calon siswa baru.

Setelah Anaknya Diduga Menganiaya Remaja hingga Tewas, Ketua DPRD Ambon Berbicara